Pengaruh Kompetensi Karakter, Nilai Virtual Item dan Kepuasan Game Terhadap Fenomena Real Money Trading pada Game “Albion Online”
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana keterampilan orang tersebut, nilai benda-benda virtual, dan kepuasan bermain-main sampai batas tertentu dan selama ini berdampak pada fenomena trading uang nyata di game "Albion Online". Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel purposive digunakan untuk mengumpulkan sampel dari 80 pemain game "Albion Online". Peneliti menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Untuk menganalisis data, digunakan regresi linier berganda menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan karakter sangat berpengaruh terhadap fenomena real money trading dengan nilai t hitung sebesar 3,165, nilai virtual item berpengaruh signifikan terhadap fenomena real money trading dengan nilai t hitung sebesar 6,491 dan kepuasan game berpengaruh signifikan terhadap fenomena real money trading dengan nilai t hitung sebesar 3,393. Hasil penelitian secara bersama-sama/ gabungan diketahui kompetensi karakter, nilai virtual item dan kepuasan game berpengaruh signifikan terhadap fenomena real money trading di game “Albion Online” dengan nilai F hitung sebesar 58,032 atau sebesar 69,6%. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan pemain game “Albion Online” memiliki strategi dalam bermain game online dan melakukan real money trading, sehingga bisa meningkatkan penghasilan dari jual beli barang di game online.
Collections
- Skripsi [633]