Penerapan Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Role Playing pada siswa kelas V SDN Merjosari 4 Kota Malang serta pertumbuhan hasil belajar siswa selama pengalaman pendidikan ujian sosial dengan Role Playing .
Penelitian ini merupakan Eksplorasi Kegiatan Balai Belajar (PTK) dengan model siklus yang diselesaikan secara terus menerus dan berulang-ulang. Siswa kelas V yang menjadi subjek penelitian dan pembelajaran IPS yang menjadi topik karangan berjumlah 27 orang. Strategi pengumpulan informasi dibantu dengan dokumentasi, persepsi, dan tes. Pemeriksaan memukau subyektif adalah metode penelitian informasi yang digunakan. Temuan pemeriksaan menunjukkan peningkatan efektivitas pembelajaran kolaboratif.
Perlu adanya pilihan untuk memberikan hasil belajar yang lebih luas guna meningkatkan inspirasi belajar siswa yang berdampak pada ketercapaian belajar siswa. Ketika siklus I berakhir, rata-rata nilai siswa sebesar 76,29 dengan ketuntasan belajar meningkat sebesar 59,25%; Ketika siklus II berakhir, rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 90, dengan ketuntasan belajar meningkat menjadi 92,59%. Seiring dengan peningkatan hasil belajar, lingkungan belajar ruang belajar juga mengalami peningkatan pendampingan siswa.
Collections
- Skripsi [95]